Sabtu, 11 Februari 2012

TAROMBO TAMBUNAN / SILSILA TAMBUNAN

TAROMBO / SILSILA MARGA TAMBUN / TAMBUNAN

SILSILA MARGA TAMBUN / TAMBUNAN

Tambunan adalah nama salah satu marga keturunan TambunRaja ( Raja Tambun ), keturunan Raja Silalahi Sabungan, Tambunan adalah marga keturunan dari Tambun, juga merupakan nama daerah atau wilaya yang berada di tepi danau Toba – Sumatera Utara
Dalam Tarombo Raja Silahi Sabungan, Tambunraja kembali ke Sibisa dan bertemu dengan Similingiling - Putri Raja Managarerak ( Leluhur marga Manurung ) - yaitu ibu yang melahirkannya. Di Sibisa, Tambunraja dipanggil dengan nama Siraja Tambun. Siraja Tambun kemudian menikahi putri pamannya sendiri – marga Manurung - yaitu Pintahaomasan Boru Manurung. Dari hasil perkawinan mereka, Siraja Tambun memiliki 3 anak , yaitu : Tambun Mulia , Tambun Saribu dan Tambun Marbun .

TAROMBO MARGA TAMBUN

Pada generasi ini, baik keturunan Tambun Mulia, Tambun Saribu, Tambun Marbun, keturunan mereka memakai marga Tambun sampai hari ini. Tambun Mulia kemudian memiliki 2 anak, yaitu : Tambun Uluan and Tambun Holing. Disebut Tambun Uluan karena ia tinggal di Uluan. Keturunannya sampai hari ini tetap memakai marga Tambun sebagai marga keturunannya.
Tambun Holing kemudian membuka lahan pemukiman untuk didiami dan menamakannya Huta Tambunan. Disini, Tambun Holing memiliki 3 anak, yaitu : Raja Pagar Aji, Tuan Ujung Sunge dan Datu Tambunan Toba. Sekarang ini,
Tambunan juga terbagi dalam 3 Wilayah , yaitu desa Tambunan Lumban Pea, desa Tambunan Lumban Gaol dan Desa Tambunan Baruara. Ketiga desa inilah Desa Tambunan, di tepi Danau Toba. Masing-masing keturunan mereka tetap menggunakan marga Tambunan. Konon, salah satu keturunan Tambunan Raja Pagar Aji – bernama Mata Sopiak- kemudian merantau ke Angkola-Mandailing dan berganti marga menjadi Daulay di sana"

Datu Tambunan Toba kemudian memiliki 3 orang anak, yaitu : Raja Baruara , Lumban Pea and Lumban Gaol. Dari keturunan ke 3 anak Datu Tambunan Toba inilah kemudian terlahir marga Tambunan, yaitu : Tambunan Baruara, Lumbanpea dan Lumbangaol. Jadi sangat jelas diketahui bahwa marga Tambunan adalah merupakan marga turunan dari marga Tambun. Lebih jelas lagi, semua marga Tambunan berasal dari satu daerah - bukan dari Samosir - yaitu desa Tambunan, yaitu Desa Tambunan Lumban Pea, Desa Tambunan Lumban Gaol dan Desa Tambunan Baruara

TAROMBO MARGA TAMBUNAN
Keturunan SI LAHI SABUNGAN melahirkan marga dan marga cabang berikut :

a. SIHALOHO.
b. SITUNGKIR, SIPANGKAR, SIPAYUNG.
c. SIRUMASONDI, RUMASINGAP, DEPARI.
d. SINABUTAR.
e. SIDABARIBA, SOLIA.
f. SIDEBANG, BOLIALA.
g. PINTUBATU, SIGIRO.
h. TAMBUN (TAMBUNAN), DOLOKSARIBU, SINURAT, NAIBORHU, NADAPDAP, PAGARAJI, SUNGE, BARUARA, LUMBAN PEA, LUMBAN GAOL.

137 komentar:

  1. Salah do tarombo mi ampara. Dolok saribu, sinurat, naiborhu dht nadapdap dang anak ni tambunan alai anak ni ruma sondi do.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dolok saribu itu abangnya tambun,

      Hapus
    2. Datu Tambun Toba adek na do Raja ujung sunge ,,Unang akka nasalah baen hamuna ,,tolol

      Hapus
    3. Jadi tampubolon dengan tambunan bukan ikut marpadan dari silalahi nya. Atau apa bisa nikah tampubolon dgn silalahi

      Hapus
    4. Jadi tampubolon dengan tambunan bukan ikut marpadan dari silalahi nya. Atau apa bisa nikah tampubolon dgn silalahi

      Hapus
    5. Tidak ada hubungan padan antara tambun (tambunan) dengan tampubolon. Silahkan saja kalau mau menikah.

      Hapus
    6. Apakah sembiring dan tambunan boleh menikah?

      Hapus
    7. Tinambunan sama Tambunan itu sama gk , izin bertanya

      Hapus
    8. Beda boss, Tinambunan itu Parna

      Hapus
    9. Inin bertanya apakah tambunan punya nomor?

      Hapus
  2. DORSINA = Doloksaribu, Sinurat, Naiborhu n Nadapdap bukan keturunan dari Raja Tambun, melainkan keturunan Haha Doli do i.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dolok saribu itu abangnya tambun,

      Hapus
    2. Sian popparani silahi sabungan sandiama parroni doloksaribu gabe di dokhamu mar abang tambun tu dolok saribu.patorang majo...

      Hapus
    3. Sian popparani silahi sabungan sandiama parroni doloksaribu gabe di dokhamu mar abang tambun tu dolok saribu.patorang majo...

      Hapus
    4. Mau tanya dong. Kalo marga tambunan berhubungan dengan boru simbolon dan mamaknya sicewe ini boru silalahi bisa tidak.

      Hapus
    5. Kalau marga silaen menikah dengan boru tambunan yg ibunya bermarga tampubolon apakah bisa

      Hapus
    6. itulah sejrah op kita
      siapa saja yang mau meninggikan dirinya akan direndahkan
      terlihat dari keturunan
      mengapa pompararan siraja Tambun lebih banyak fari semua abangnya???
      merendahlah agar pasu pasu ni op i sampai kepada kita
      jija kita adek jadilah adek


      Hapus
    7. sian diado referensi nanidapotmu ampara, denggan ho marpanukkun tu akka natua tua sebelum mambahen tarombo on, asa unang marpilittan informasi on tu akka sude bangsoi, asa unang dihujat netizen ho

      Hapus
  3. mohon ajarin saya,saya bukan berasal dari indonesia,tapi saya berkahwin dengan warga indonesia suku batak yg marga nya butar2.tiga bulan yg lalu,suami saya telah kembali ke sisi tuhan dan saat yg sama juga,bagi menyempurnakan istiadat pengkebumian,saya di buat kan marga iaitu boru tambun.itu sangat bererti buat saya,dengan rendah hati saya sangat terharu dan bangga memiliki nya tapi saya belum mengerti tentang nya dan saya benar2 ingin faham dengan dalam.mohon di jelas kan.tq


    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Add face book saya.
      R manurung (roymanroe90@yahoo.com)

      Hapus
    3. @efa ria: mantan suami km marga butar2 beda marganya dengan tambunan..
      saya akan ajari kamu jika kita berteman di gmail..
      thnx

      Hapus
  4. untuk ito efa ria, aku bisa menjelaskan sedikit banyak tentang silsilah raja tambun. aku marga tambunan. tambunan baruara tepatnya, aku generasi ke 16

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi aku manggil apa samamu
      Aku tambunan lumban pea

      Hapus
    2. Panggil abang, kita Lumban Pea kalau ke Baruara.

      Hapus
    3. Kalok aku manggil apa ???
      Aku tambunan pagar aji

      Hapus
    4. Pra ,aku mau nanyak cemana cara kita bisa mengetahui kalok kita ini generasi ke berapa??

      Hapus
    5. Sama lek aku Tambunan pagaraji

      Hapus
    6. Manukkun jo katua, ai adong do hubunganna tambunan dohot naibaho? mauliate katua

      Hapus
    7. Horas apara, saya tambunan dri baruara. Mau nanya mana lebih tua tambunan pagaraji,sunge,atau baruara. Saya blum tau. Saya dri lahir di jakarta jadi kurang mengerti, bapak pun sudah monding.

      Hapus
    8. silalahi dimana? kek mana sialoho nomor satu? bisa dibuktikannya?

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Di hita sude pomparan ni ompu ta Raja Tambun.
    Ikkon do porlu tapatakkas tarombo ta asa boi hita mangantusi sisilah ni marga2 na dibahen ompu ta. TARLUMOBI di tutur ni sian ompu ta Tambun Saribu, 3 ma anak sian ompu ta Tambun Saribu i ma 1. DOLOK SARIBU, 2. SINURAT, 3. NADAPDAP
    JADI, sotung hea hita mandok naso pomparan ni Raja Tambun marga natolu i.
    Huilala tumagon do hita perjelas jumolo sasittong na, daripada pittor hita alusi alai gabe hailaan dihita pomparan ni Raja Tambun naso mamngantusi tarombo na.
    Horas ma di hita sude pomparan ni Raja Tambun.
    Salam Damai di hita sude.
    MAULIATE

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ai imada appara,,adong do nian binege songoni,, alai pada pada umumnya manggakku kturunan ni sondi raja do,,baen appara majo bah referensina nalobi akurat,,asa boi patorangon tong tu nasida

      Hapus
    2. au pe, on do na huboto.

      Hapus
    3. on ma nuaeng nagabe adong nahurang ,alana molo mnna binoto di geberasi nuaeng on sai mengaku sian keturunan ni rumasondi do molo dolok saribu sinurat dohot nadapdap,hape di tarombotta siraja tambun anak ni tambun saribu doi

      Hapus
    4. Sy nadapdap tdk pernah tahu dari tambunan kami dari rumah sondi, mauliate

      Hapus
    5. Au pe keras do mandok Dosina Manang Nasido, pompa ni raja tambun do.
      Alai Manang piga juppang, adong mengakui dohohot adong Naso mengakui, alai alau sian marga Tambunan tetap dope manggorahon hahadoli.

      Hapus
    6. Au marga Sinurat, Dg hea dope hubege hami sian tambun saribu takkas jo bahen kedan

      Hapus
    7. Makana pelajari tarombo ase unang lilu..
      Emang sondi raja punya keturunan??

      Hapus
    8. Unang asal dipandok hamu ate, Doloksaribu keturunan Raja Parmahan Silalahi (SONDI RAJA)

      Hapus
    9. Taon sadia ma muncul tambun dosina on????

      Hapus
    10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  7. mauliate sude akka dongan ,,au marga tambunan sian sibolga,salam kenal

    BalasHapus
  8. Horas pomparan ni ompu i.
    SI RAJA TAMBUN
    Au marga tambunan
    Tepatna tambunan lumban gaol

    BalasHapus
  9. Horas pomparan ni ompu i.
    SI RAJA TAMBUN
    Au marga tambunan
    Tepatna tambunan lumban gaol

    BalasHapus
  10. Mau nanya jd saya baru Tambunan gak boleh sm marga Manurung ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mestinya begitu ito,, tapi ada dulu boru tambunan muli tu manurung,, nian gabe dong tong nasida,,alai gabe sihataon ma

      Hapus
  11. Mau nanya jd saya baru Tambunan gak boleh sm marga Manurung ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ai dia do ito dang boi alani tulang doi ito alai molo marga tambunan boi do mangalap boru manurung alani patokannya kandung

      Hapus
    2. Jadi kalo mama kami mumpung, abg ku calon nya tambunan apa itu bisa?

      Hapus
    3. Mamaku manurung, tpi calon abgku tambunan apa itu bisa?
      Kalo kami marga parna

      Hapus
  12. To cristin,,,,, sebaiknya nggak boleh karena manurung itu adalah tulang kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mamaku manurung, abg ku calon nya tambunan, apa itu bisa?
      Klo kami marga parna

      Hapus
  13. Horas,.. au Tambunan Pagaraji, Gen. 16. Sian Padangsidimpuan doma. Secara Garis besar, saotik "beda" dohot tarombo na hu tiop. HORAS MA DI SUDE POMPARAN NI OMPU I, SIRAJA TAMBUN.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cemana cara kita bisa mengetahui kalok kita ini tambunan generasi ke berapa aparah??

      Hapus
    2. Keturunan anak laki lakinya kalau Boru tidak di hitung kalau aku keturunan 13

      Hapus
  14. Horas . au marga tambunan baru ara .
    Ale au dang pala huattusi partuturan

    BalasHapus
  15. Marga DOLOKSARIBU, SINURAT DOHOT NADAPDAP (DOSINA) suang songoni NAIBORHU adalah KETURUNAN RAJA PARMAHAN SILALAHI SIAN HORONG SONDI RAJA.

    (TUGU DAN PRASASTI ADA DI BALIGE)




    BalasHapus
  16. Molo pinompar Raja Tambun nunga masibuatan, Tambunan Lbn.Pea dht Tambunan Lbn. Gaol dan lainnya. Dan di Balige ada juga Tambunan mangalap br. Sinurat, begitu sebaliknya mereka DoSiNa kawin dengan br. Tambunan( adong do on piga2 keluarga di Balige. Jadi molo DoSiNa mengaku pomparan Sondi Raja, berarti dia sudah melanggar tona op. Raja Silahisabungan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada Tona Raja Silahisabungan yang ada PODA RAJA SILAHISABUNGAN, Diakkui lakkam doi tahe mamimpin???

      Hapus
    2. hati hati kalau bicara ini publik
      ada poda sagu sagu marlangan
      sutung muruk opungta hamuna

      Hapus
  17. mamimpin tambunan, molo au masuk do tu versini amang uda

    BalasHapus
  18. Dang adong Tona ni Opputta SILAHISABUNGAN dohot SI RAJA TAMBUN na mandok boi massiolian Pomparan ni si Raja Tambun...Molo adong Paboa hamu jo tu au..Nahuboto PODA SAGU SAGU MALLANGAN doAcuan dihita asa SI SADA ANAK SI SADA BORU Pomparan ni SILAHI SABUNGAN sahat tu tingkion

    Unang ala na adong Na maelanggar Poda ni Opputta gabe tabahen i pembenaran na boi massibuatan Tambunan tu Tambunan dohot tu DOSINA.

    Kebetulan dang adong dope Huboto marga DOSINA mar boru Tambun/an, Alai amggo Tambunan mar boru Tambunan, dohot mar boru Dosina memang sai adong doi Sada-sada..

    Di Uluan pajonok-jonok do marga DOLOKSARIBU,SINURAT dohot marga TAMBUN dang adong dopei massiolian satu sama lain..ingot do nasida PODA ni OPPUTT SILAHISABUNGAN i..Holan di marga TAMBUNAN do hubereng masa si songoni..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantan gubernur di Sulawesi marga Tambunan, biar kamu tahu, mamaknya boru Doloksaribu. Jangan kamu banyak cakap. Di huta Tambunan Balige banyak marsibuatan Tambunan sama DOSINA. Jadi coba kaumu pikirkan dengan isi PSSM mu itu. Sudah dilanggarkan? Hehehe

      Hapus
    2. Ai muruk maho puang,ketua,molo dijaha PSSSM,tambunan pesalado,jadi sedapat mungkin sotung masibuatan be hita tujoloan ni ari on, taingot3x mai.PSSM.

      Hapus
    3. Unang baen patokanmui amang Mamimpin,Tambunan tu tambunan pe nga sipat massibuatan, Pauk-pauk hudali tu pago-pago taruji, natading taulahi, nasega tapauli.

      Hapus
  19. Jujur. Saya boru tambunan. Ga ngerti tarombo. Dari baca artikel sampai komentar makin buat saya bingung. Yg benar yg mana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahha😅😅😅,ribet klw banyak guru,
      Cukup satu dua ajh guru Itok,yaitu bapak ataupun oppong,mlasih

      Hapus
  20. Horas di hita saluhutna pomparan ni oppu i Raja Silahisabungan.
    #TAMBUN SARIBU=> 1.Dolok Saribu
    2.Sinurat
    3.Nadapdap
    #RUMA SONDI=> 1.Rumasingap
    2.Depari

    BalasHapus
  21. horas kpd smua keturunan raja tambun. saya tambunan pagaraji tinggal di padangsidimpuan ingin blajar lebih jauh tetang silsilah marga tambunan. tlp.0821 6049 2084

    BalasHapus
  22. Horas anka abang sude. Au tambunan baruara do. Adong naeng husukkun tu abang sude, tolong balas versi abang masing2...!!!! Aq beradu mulut sama marga sianturi, dia bilang adek sm semua marga tambun sebab sama2 tubu ni boru manurung nya kami katanya. Jd yg g sukanya saya dibilangnya asal ni dibuatnya nama tambun berasal dari tambunihon atau selingkuhan dari marga sianturi katanya yg duluan sm br manurung. Jelas saya saya marah, dan sampe berantam sm marga sianturi ini.. mohon jelaskan tarombo br manurung kita ini apa memang ada hub dg sianturi? Tlg bls semua abang2 y. Kl perlu sms no aq biar q tlp abang. 081314856756. PLEASE... God bless u.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hubugan ni tambun tu sianturi parparibanon do,ala sama2 br manurung istrina,jd unang telalu campur sianturi tu Tbn.

      Hapus

    2. Anak Raja Toga Manurung ada 3 borunya ada 2 boru si Akkangan paling besar marhamulian tu Raja Tambun dan buru si pai dua atau ke dua marhamulian tu Raja Siatturi
      Saya Tambunan/br.Manurung

      Hapus
  23. Salam kenal sya mario tambunan bpk sya menikah dengan ibu sya yg org jawa,., sya sering d tanya soal marga saya tambunan tpi , bapk saya blg dr baruara paman saya blg dr lumbuan pea, sya trakhir kali d medan umur 2 tahun, salam kenal ,.,. Terimaksih ilmunya

    BalasHapus
  24. Horas..saya boru Tambunan Pagaraji..mama sy org sunda asli Bandung,,Sy gak bisa bhsa batak cm saotik saotik,,sy pnya gebetan marga Tambunan lumban pea,,dia ngajak pacaran malah ngajak nikah sy gak mau krn kata Amang/bapa sy dulu gk boleh,,tapi kata pacar sy itu katanya boleh klw d kampung mh nikah nya,,skrg bpk sy udah mninggal udh lana jadi aku mau tanya k siapa,,minta tolong pe jelasan nya.Mauliate Ito Ito dan eda eda,,hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Horas itoku....Sudah ada konsesi tahun 1985 di Marga Tambunan dihimbau supaya dihindari menikah sesama marga Tambunan walaupun paribannya ( mengikuti orangtuanya sesama Tambunan)

      Hapus
    2. Jangan mau, itu gombal lelaki si Tambunan Lumban Pea. Mungkin itoku ini cantik, karena ada darah Sundanya. Masih banyak laki2 lain ito.

      Hapus
    3. Dang boi be masibuatan mulai thn 1970.awas ada Azab kt indosiar. Malu oeee.

      Hapus
    4. Itom dei 😅😅😅😅saudara dulur maneh neng,tong ngajakan nikah atuh ,Minh gelo😅😅

      Hapus
  25. Saya marga tambunan...tapi saya lahir dan besar di jawa... Saya sama skali gak paham sama sisilah batak dan bahasa batak... Karna dlu alm bapak saya tak pernah mengajarkan saya... Ada kah yang bisa bantu saya.... Biar saya tahu bagaimana adat dan sisilah batak... Biar ntr ketika saya punya anak saya tak malu sama anak saya kerika di tanya soal sisilah dan adat batak... Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajarkau nak,sana marga tbn yg fekat sama kamu,itu perlu ok.

      Hapus
  26. Marga yg setia itu
    bayo tambunan
    eaa...sayaaa :D

    BalasHapus
  27. Kalau Tambunan dari Lumnan Lobu itu dekat daerah mana ya min?

    BalasHapus
  28. Saya marga Tambunan baruara, sedang pendekatan dengan wanita yg ibunya marga Tambunan Lumbanpea. Apakah hal ini diperbolehkan untuk kawin ?

    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Janganlah, masak kamu panggil mamak nya jadi mertua(simatua). Padahal itu ito atau namboru, kita toh.

      Hapus
    2. Bisa,kalau sdh kasih mengikat anda.

      Hapus
  29. Jadi klo sitompul bisa ga sama Dolok saribu?

    BalasHapus
  30. Tanya sama DOSINA aja. Lagipula kalian marpadan dengan Tampubolon toh, dengan Dosina. Dosina itu sudah ada yang menikah dengan Tampubolon.

    BalasHapus
  31. Cerita kamu ini perlu kamu klarifikasi/koreksi, Tambun Raja itu tidak sama dengan Si Raja Tambun. Ompung kita namanya Si-Raja Tambun. Makamnya ada di SIBISA.

    BalasHapus
  32. Aku masih bingung ttg tarombo..
    Tapi lumayan nih bisa jadi belajar dari postingan di atas..
    Akhirnya aku tahu posisi ku berada dimana sebenarnya...makasih ya buat tulisannya..sukses selalu buat seluruh keturunan Silahi Sabungan.

    BalasHapus
  33. Salah ini datu tambun Toba adek raja ujung sunge

    BalasHapus
  34. Syalom , Horas ,, saya mau bertanya boleh kah sinambela menikahi Doloksaribu ?

    BalasHapus
  35. Horass
    saya paulus marga tambunan, tambunan pagaraji

    BalasHapus
  36. Au daulay Sian batak angkola
    Au hurang mangattusi do au masalah taromboon
    Boi do dijelashon hamu manang boha do ceritana daulay masuk tu tambunan
    Mauli ate

    BalasHapus
  37. Saya mau tanya.
    Sianturi dengan tambunan hubungan nya apa?
    Karena setau saya sianturi di lahirkan boru manurung dan tambunan juga begitu.
    Boleh tolong d kasi kejelasn??

    BalasHapus
  38. Kalo dari balige itu tambunan apa ya???soalnya opung aku dari sana...mohon tanggapannya!!!

    BalasHapus
  39. Denggan majo tabahen tarombo i bah .Asa unang gabe keliru tu akka generasi ta na parpudi

    Mauliate..

    BalasHapus
  40. Saya marga silaen ingin menikahi boru tambunan pagaraji,sedangkan mamanya boru tambunan ini asli jawa yg di beri marga tampubolon,mohon petunjuk

    BalasHapus
  41. Saya perempuan bermarga tampubolon mau dilamar sama laki laki marga tambunan tapi dilarang sama keluarga karena tampubolon dan tambunan bersaudara karena sama2 awalan tam dan dulunya tambunan menikah dengan boru simbolon lahirlah tampubolon please give me the reason

    BalasHapus
  42. Jadi kalau doloksaribu termasuk dalam marga apa aja ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau doloksaribu itu adalah tambun bukan tambunan lagi...tambunan ada 3 pagaraji.baruara.dan lumban gaol

      Hapus
  43. Saya paularosi Tambunan Pagaraji, tolong ajarin sy tarombo.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tambunan Pagaraji ju ada di Samosir, tepatnya di Sibara-bara, Tuktuk, Pulau Samosir. 12 turunan. Turunan dari Samosir telah 8 turunan di Parapat. Oppung kami yg ke Parapat namanya Guru Marsait Lipan, ayahnya Guru Marsaong Aji. Pokoknya moyangku Guru deh, sama-sama guru dgn Bapak aku tetapi lain jurusan, bapakku guru matematika

      Hapus
  44. Saya bermarga daulay...sebenarnya daulay suku mandailig apa batak abangnda

    BalasHapus
  45. bisakah tambunan menikah dengan boru manullang

    BalasHapus
  46. Hohoho.. saya suka suku saya..
    Salam .. Sian Tambunan baruara

    BalasHapus
  47. Saya masih keturunan CINA dengan marga LIEM.. saya menikahi marga TAMBUNAN .. bapa mertua saya sudah jelas TAMBUNAN .. ibu mertua saya boru MANURUNG .. akhirnya saya pun diangkat jadi anak dari salah satu adik laki2 ibu mertua saya .. nama LIEM dibelakang saya pun hilang .. terganti dengan MANURUNG .. saya bangga sudah masuk dalam BATAK ..

    BalasHapus
  48. Saya mau tanya.
    Sianturi dengan tambunan hubungan nya apa?
    Karena setau saya sianturi di lahirkan boru manurung dan tambunan juga begitu.
    Boleh tolong d kasi kejelasn??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin menjelaskan hubungan sianturi dengan Tambunan,saya marga Tambunan,tepatnya Tambunan pagaraji,hubungan sianturi dengan Tambunan itu tidak ada,walaupun mereka sama"terlahir dari boru Manurung,karena dari kami keturunan silahisabungan tidak ada menjelaskan atau mencantumkan sianturi sebagai satu darah..memang sih pada intinya semua marga batak itu,terdiri dari 1 nenek moyang,yaitu si raja batak..
      Terima kasih..

      Hapus
  49. Nanti kira2 bln oktober 2020 ada pesta leluhur Si Raja Tambun di SIBISA,tapi aku tdk tahu kpn tgl nya,tlg konfirms..ke yg lain biar jls semua.

    BalasHapus
  50. Sian najolo dang hea dope juppang au marga sinurat mandok hami keturunan tambun,,
    Dan blm pernah sy jumpa tambunan yg setua apapun orangnya (di daerah saya) simalungun-asahan mengatakan kami dosina keturunan Tambun,g
    Saran buat /tunjukkan silsilahnya yg akurat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. biza aja ala daerah feodal, adong dope ra zinaga zinurat i tano jawa, zaragi zinurat i zondi raya, damanik zinurat i pamatang bandar, purba zinurat i pamatang purba. molo i parapat, ajibata, 7gapiton, zibiza godang mandok ; tambunan do hami ba. zazintongna ... ndang hu boto ala zinurat tubu beberapa ratuz tahun yg lalu

      Hapus
  51. Sitompul dohot tappubolon.boasa dng masuk tu parsadaan silahi sabungan

    BalasHapus
  52. Toho dk na di dok munai dongan dang marpadan tampubolon dohot tambunan..alai tampubolon iii poparan sian silahi tambunan do
    Molo adong mandok boi marsibuaton tampubolon tu tambunan imaaa poparan silahi sabungan na paling OTOOOO
    Salam kenal.johan tambunan usia 20 thun asal dari pangaribuan sigotom

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nga hubuat be boru tampubolon, ganteng anak baoaku, bagak borui lam sejahtera do ahu, Salam kenal david tambunan, usia 54 tahun, asal parapat, moyang dari Balige ke sigotom, dari sigotom ke samosir dari samosir tu parapat

      Hapus
  53. Aq dlu yang jawab pertanyaan mu tokke....tambunan tu sianturi sudh berpadan jadi tidak bisa sama sekali menikah adapun yang telah menikah itu itu telah menantang rajatambun

    BalasHapus
  54. Mhon penjelasan nya smua saudara ku tambunan....apakah tambunan itu punya nomor???..
    Semasa aku di ajari siraja adat tambunan mengatakan tambunan tidak mempunyai nomor..apakah benar atau tidak

    BalasHapus
  55. Salam sejahtera untuk kita semua...
    ada satu hal yang tersirat dalam benak saya... bagaimana kalau seandainya semua kita tambunan ini membuat suatu hal yang baik dengan mendirikan sebuah yayasan "TAMBUNAN" dapat berupa sekolah setingkat SLTA yang diperuntukkan kepada pomparan tambunan yang tidak mempunyai biaya sekolah, Rumah Sakit yang nantinya dapat mendidik perawat2 muda ataupun menyekolahkan pomparan tambunan menjadi seorang dokter atau pabrik bebrbahan baku HAMINJON supaya perkebunan haminjon khususnya di sigotom julu sudah mulai punah digantikan dengan nenas. Bagaimana caranya? cukup kita memberikan sumbangan seberapapun itu besarnya dan dikelola oleh yayasan yang tentu mempunyai integritas yang tinggi laahhh. pembentukan yayasan itu dapat diakomodir atau dimintai bantuan dengan bapak tua TB Silalahi yang telah lebih dulu berbuat. Saya parsigotom julu yang lahir di Kisaran dan sekarang ada di Yogyakarta pengen rasanya tambunan itu maju terutama generasi yang akan datang. Semisalnya kita pomparan tambunan ada 1 juta orang dengan sumbangan 5000 per bulan maka dalam 1 bulan kita sudah punya uang 5 miliar sepertinya sudah dapat mendirikan sekolah dan seterusnya. inilah harapanku untuk kita persembahkan kepada anak cucu kita dikemudian hari . botima tabe sian ahu Jakson Tambunan Pagaraji sigotom julu Pomparan ni oppung guru tinating.

    BalasHapus
  56. Sattabi ma jo tu akka Bpa niba...🙏🙏🙏
    Boi do mrsibuatan Sipayung tu Tambunan???

    BalasHapus
  57. Maaf laek, sebagai marga Tambunan aku sering di tanya, "Tambunan yang ke berapa",itu maksudnya apa ya, ada yang bisa jelasin enggak,

    BalasHapus
  58. horaasss ,auu tambunan pagaraji, dihamu akka uda dohot abang dohot itokku, ajari jo au tentang tarombo ta, mulai sian ginjang hujaha artikel i sahat tu toru,tong do gabe binggung, naposo dope au abang,bapaudaaa,ito,namboru, jadi tolong jo dihamu pommparanni tambunan, asa mangattusi jo akka naposo tambunan na dimedan on
    oke mauluatee

    BalasHapus
  59. Saya mau bertanya kalo Tambunan ke Tampubolon bisa egk menjalankan hubungan

    BalasHapus
  60. Bolehkah boru Tambunan berjodoh dengan marga Sianturi?

    BalasHapus
  61. Apakah tambunan bisa menikah dengan boru doloksaribu

    BalasHapus
  62. Ijin Berta nya.... Saya kurang tau martutur... Jadi saya Mau bertanya apakah margarita tambunan bisa menikah boru doloksaribu.. Ijin mohon diblasa.

    BalasHapus
  63. Kalau daulay bagaimana penjelasan nya?

    BalasHapus
  64. ���� Horas Tu sude akka tulang ku AU Marga Marpaung do tapi au dison AU bere do Alana ahu tubuh ni Tambunan do omak hu Sian Tambunan Luban pea do omak ku

    Mau mendalam kan asal usul/Sejarah Tambunan..mauliate do sude akka tulang hu

    BalasHapus
  65. Saya mau tanyak ni karena saya binggung.
    Katanya Tambun Mata Supiak ganti nama jadi Daulay gimana caranya tolong jelaskan dong.
    Soalnya saya dari pagaraji dan yang saya tau saya keturunan dari mata Supiak dari silsila yang saya dengar dari keluarga saya.
    Jelaskan tolong opung,Pak Tia,Pak Uda dan Bou

    BalasHapus
  66. Saya mau tanya Kalo Boru Tambunan Baruara bisa menikah dengan marga apa saja ? Tolong dijelaskan

    BalasHapus